Merencanakan perjalanan memang kadang gampang-gampang susah. Karena selain minimnya informasi yang kita peroleh, juga waktu jalan-jalan kita pun sangat terbatas. Dengan kata lain, setiap misi traveling selalu bermuara pada satu tujuan: tempat-tempat menarik manakah yang layak dikunjungi dengan waktu yang sangat minim. Kali ini saya akan membuat daftar jalan-jalan di Kota Solo Raya (Mencakup Sukoharjo, Boyolali, Surakarta/Solo, Karanganyar, Wonogiri, Sragen, Klaten atau dikenal dengan Subosukawonosraten) plus supaya waktu Anda sangat efektif dan efisien.
Banyak sekali obyek wisata menarik di Kota Solo. Namun, keterbatasan waktu jalan-jalan tentu saja membuat kita hanya memilih tempat-tempat wisata favorit saja. Berikut ini adalah alternatif perjalanan yang dapat Anda kunjungi selama di Kota Solo. Urutan alternatif adalah berdasarkan preferensi saya, jadi silakan sesuaikan dengan preferensi Anda. Masing-masing alternatif saya buat satu arah perjalanan sehingga waktu Anda tidak terbuang sia-sia di jalan.

Alternatif Pertama: Solo Selatan
Candi Prambanan adalah salah satu candi yang megah. Candi ini dapat ditempuh baik dari Jogja maupun dari Solo. Setelah jalan-jalan ke Candi Prambanan, Anda bisa melanjutkan jalan-jalan ke candi-candi lainnya seperti Candi Ratu Boko dan Candi Sambisari. Alternatif lainnya adalah, setelah mengunjungi berpanas-panas ria di Candi Prambanan, Anda bisa menyeburkan diri ke Pandawa Waterworld atau Umbul Cokro/Cokro Tulung. Dengan catatan, berangkat ke Candi Prambanan harus pagi-pagi banget. Pandawa Waterworld adalah semacam waterpark dengan tema pewayangan dan pantai buatan. Sedangkan Cokro Tulung adalah sumber mata air alami yang terletak di Kabupaten Klaten.
Pilihan:
1. Candi Prambanan + Candi Ratu Boko + Candi Sambisari
2. Candi Prambanan + Pandawa Waterworld
3. Candi Prambanan + Umbul Cokro/Cokro Tulung
Estimasi waktu:
Solo – Candi Prambanan = 1,5 jam
Candi Prambanan – Candi Ratu Boko/ Candi Sambisari = 30 Menit
Candi Prambanan – Umbul Cokro/Cokro Tulung = 45 menit
Candi Prambanan – Pandawa Waterworld = 1,5 jam
Solo – Pandawa Waterworld = 30 Menit
Total: 1 hari
Candi Prambanan
Candi Prambanan
Pandawa Waterworld Solo
Pandawa Waterworld Solo (image credit to:pandawa-lima.com)

Alternatif Kedua: Dalam Kota Solo

Museum Sangiran adalah museum yang wajib dikunjungi menurut saya karena di sini terdapat fosil-fosil manusia dan binatang purba. Di sini juga lah ditemukan fosil penghuni pertama Pulau Jawa. Siapakah mereka? Baca Lengkap di sini.
Selebihnya, Tempat-tempat wisata lain di alternatif ini seperti keraton, museum batik, Laweyan, museum Radya Pustaka, dan tempat wisata dalam Kota Solo lainnya adalah tempat wisata yang biasa dikunjungi oleh para wisatawan jika berada di Kota Solo.
Kebun Binatang Jurug adalah alternatif bagi pecinta hewan. Di kebun binatang ini pula terdapat Taman Gesang untuk mengenang sang legenda keroncong tersebut yang terkenal dengan lagunya Bengawan Solo. Di Kebun Binatang Jurug ini pula Anda dapat menyaksikan Sungai Bengawan Solo mengalir.
Taman Balekambang adalah taman raja zaman dahulu yang sekarang menjadi tempat yang sangat sejuk dan asri di Kota Solo. Ditambah dengan rusa-rusa yang berkeliaran di taman ini, membuat taman ini menjadi lebih menarik.
Pilihan:
1. Museum Purba Sagiran + Keraton Kasunanan + Keraton Mangkunegaran+ Ngarsopuro + Museum Radya Pustaka + Museum Batik + Kebun Binatang Jurug + Taman Balekambang
2. Naik Bus Tingkat Wisata (info)/Kereta Api Kuno (info) Keliling Kota
Estimasi Waktu:
Solo – Sangiran = 1 jam
Selain Sangiran, obyek wisata lainnya di alternatif ini berada di dalam Kota Solo
Total: 1 – 2 Hari
Sangiran
Fosil Manusia Purba di Museum Sangiran
Ngarsopuro Solo
Ngarsopuro

Alternatif Ketiga: Solo Timur
Solo bagian timur atau lebih tepatnya di Kabupaten Karanganyar ini mengandalkan wisata alam pegunungan, candi, dan makam penguasa jaman dulu. Tawangmangu/Grojogan Sewu merupakan wisata air terjun, Candi Sukuh (cerita lengkap Candi Sukuh) dan Candi Cetho adalah dua candi dengan simbol-simbol organ kelamin manusia (arrgh!), dan Astana Giribangun adalah makam raja-raja zaman dahulu dan juga makam Presiden Kedua Republik Indonesia, Soeharto (Pak Harto) dan istrinya Siti Hartinah (Ibu Tien).
Pilihan:
1. Candi Sukuh + Candi Cetho + Tawangmangu
2. Astana Giri Bangun + Candi Sukuh + Candi Cetho
Estimasi Waktu:
Solo – Candi Sukuh = 1 jam
Solo – Tawangmangu = 1 jam
Solo – Astana Giribangun = 1 jam
Candi Sukuh – Candi Cetho – Astana Giri Bangun = 30 menit
Untuk 1 pilihan hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 hari. Jika ingin mengunjungi seluruh tempat wisata di Solo Timur/Kabupaten Karanganyar tersebut di atas, paling tidak dibutuhkan waktu sekitar 1,5 hari.
Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu
Air Terjun Grojogan Sewu, Tawangmangu
Candi Sukuh
Candi Sukuh…*ehm*

Alternatif Keempat: Solo Selatan
Siapa bilang jalan-jalan ke Solo tidak bisa ke pantai? di Solo Bagian Selatan atau lebih tepatnya di Kabupaten Wonogiri terdapat pantai-pantai pasir putih yang sangat indah dengan nama Pantai Nampu, Pantai Sembukan, dan Pantai Sadeng (artikel selengkapnya). Sedangkan Waduk Gajah Mungkur sendiri adalah waduk yang sangat terkenal di Wonogiri.
Pilihan:
1. Pantai Nampu + Waduk Gajah Mungkur
2. Pantai Nampu + Pantai Sembukan + Pantai Sadeng
Estimasi waktu
Solo – Waduk Gajah Mungkur = 1,5 jam
Solo – Pantai Nampu/Sadeng/Sembukan = 3 jam
Untuk 1 pilihan hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 hari. Jika ingin mengunjungi seluruh tempat wisata di Solo Selatan/Kabupaten Wonogiri tersebut di atas, paling tidak dibutuhkan waktu sekitar 1,5 hari.
Pantai Nampu Solo
Pantai Nampu

Alternatif Kelima: Gunung Lawu
Bagi Anda yang gemar mendaki gunung, ini mungkin alternatif tepat bagi Anda karena Gunung Lawu termasuk salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa (3.265 Meter). Perlu stamina ekstra untuk mendaki gunung ini.
Pilihan:
1. Gunung Lawu
Estimasi Waktu:
2 hari

Alternatif Keenam: Solo Barat
Bandara Adi Soemarmo terletak di Solo bagian barat atau lebih tepatnya Boyolali. Di Boyolali terdapat lokasi bernama Selo. Di sini sangat terlihat jelas puncak Gunung Merapi dan Merbabu. Mata Air Pengging adalah mata air alami yang terdapat kolam-kolam pemandian alam. Artikel lengkap mengenai Umbul atau mata air Pengging dapat di baca di sini
1. Mata Air Pengging + Selo
Estimasi waktu:
1 hari

Alternatif Ketujuh: Pacitan
Walaupun lokasinya di Jawa Timur, Kabupaten Pacitan ini lebih gampang dijangkau dari Kota Solo. Selengkapnya dapat dibaca di Artikel Pacitan, Artikel Goa Gong, Artikel Pantai Srau, dan Artikel Pantai Klayar.
Pilihan:
1. Goa Gong + Pantai Klayar
- Plus: Pemandangan paling TOP. Jawara
- Minus: Jauh, Jalan menuju ke Pantai Klayar lumayan sempit berkelok-kelok naik turun.
2. Kedua: Gua Gong + Pantai Teleng Ria + Gua Tabuhan
- Plus: Pemandangan bagus di Goa Gong, bisa surfing di Teleng Ria, melihat penabuh gamelan dengan menggunakan stalaktit di Gua Tabuhan. Perjalanan agak mudah.
- Minus: Pemandangan kurang sesempurna Goa Gong+Pantai Klayar
3. Ketiga: Pantai Klayar+ Pantai Watu Karung + Pantai Srau
- Plus: Keindahan 3 pantai ini sangat LUAR BIASA!
- Minus: Kurang variatif, hanya wisata pantai saja
Estimasi Waktu:
Solo -  Goa Gong = 3,5 jam
Goa Gong – Pantai Klayar = 1 jam
Goa Gong – Goa Tabuhan = 15 menit
Goa Gong – Pantai Klayar/Srau/Watu Karung = 1 jam
Untuk 1 pilihan hanya membutuhkan waktu 1 hari. Jika ingin mengunjungi seluruh tempat wisata di Pacitan tersebut di atas, dibutuhkan waktu sekitar 2 hari.
Gua Gong
Goa Gong
Pantai Klayar
Pantai Klayar
Alternatif Kedelapan: Belanja
Solo adalah kota yang tumbuh karena perdagangan. Sehingga wisata belanja di Solo pun gak ada habisnya pula. Apalagi Solo sangat terkenal sebagai pusat belanja batik. Bagi Anda para shopaholic jangan lewatkan alternatif ini.
Pusat perbelanjaan modern pun juga hadir di kota Solo. Misalnya Anda ingin membeli Charles and Keith di Solo Paragon Mall, Karaoke Inul dan nonton XXI di Solo Square, dan lain sebagainya.
Pilihan:
1. Pasar Klewer, Pusat Grosir Solo, Pusat Batik Laweyan, Pusat Batik Kauman, Solo Paragon Mall, Solo Square, Pasar Gede,
Estimasi waktu:
1-2 hari
Solo Paragon Mall
Mall Solo Paragon dengan wayang raksasa

Wisata Kuliner
Beberapa tempat kuliner hanya buka waktu malam hari. Sedangkan beberapa lainya buka siang hari. Silakan pilih sesuai selera Anda
- Kuliner Siang: Tengkleng Klewer, Timlo Sastro, Soto Gading, Soto Triwindu, Bebek Pak Slamet (cabang pertama), Sate buntel, dan lain sebagainya
Sate Buntel Tambak Segaran adalah sate buntel paling enak di Solo, alternatif lainnya adalah Sate Buntel H. Kasdi
- Kuliner Malam: Gudeg Ceker Margoyudan, Nasi Liwet Keprabon, Susu segar Boyolali, warung “hik” atau lesehan di pinggir jalan, pusat kuliner Gladak Langen Bogan, dan lain sebagainya.

Lain-lain
Setiap hari minggu pagi diadakan Car Free Day atau jam-jam bebas kendaraan bermotor di Jalan Slamet Riyadi, jalan utama Kota Solo. Banyak sekali kegiatan yang dilakukan oleh warga Solo dan komunitas berkumpul untuk menunjukkan eksistensinya di sepanjang jalan ini. Mau bergabung atau sekedar cuci mata?

Waktu Yang Tepat Berkunjung di Solo
Sebenarnya kapanpun Anda datang ke Solo adalah waktu yang tepat. Mengapa? Tidak seperti berkunjung ke wisata kepulauan yang harus memperhatikan gelombang laut yang tinggi, wisata di Kota Solo relatif lebih aman sepanjang tahun. Hanya saja, ketika datang di musim penghujan, siap-siap sedia payung saja.
Walaupun Anda bisa datang kapan saja ke Kota Solo, akan lebih afdol kalau datang di saat-saat diadakan pagelaran semacam karnaval, pagelaran musik, festival kuliner, fashion show, dan event budaya lainnya. Anda dapat melihat kalender wisata Solo di link ini supaya match dengan jadwal jalan-jalan Anda.
So, Sugeng Rawuh wonten kutha Solo, Welcome to Solo City, Selamat Datang di Kota Solo.

sumber: http://puppytraveler.com